April 19, 2020

OVERLORD Bahasa Indonesia Volume 14 Intermission

Translator: Awang Khairullah
Editor: Sai Kuze

Intermission


OVERLORD Bahasa Indonesia Volume 14 Intermission


               Di kota yang dibentuk menjadi bagian dari Karnassus City-State Alliance, Bebad.

     Kota kediaman walikota perempuan diterangi seperti biasa.

     Pemilik tempat tinggal, Ri Kista Kaberia, mengambil dokumen yang tertumpuk dan mulai membaca.


     City State Alliance terdiri dari-

     Karnassus.

     Beppo Allo.

     Gaith Timur.

     Gaith Barat.

     Veneria.

     Greater Listaran.

     Orcneas.

     New Orcneas.

     Grand whythes.

     Ris.

     Franklin.

     Dan terakhir, Bebad.

     Kota ini merupakan bagian dari dua belas kota yang telah disebutkan membentuk aliansi. Setiap kota - termasuk wilayah lain yang mereka miliki - rata-rata memiliki populasi 400.000. Kota terbesar merupakan rumah bagi 600.000 orang.

     Di antara kota-kota ini, Bebad merupakan pengecualian karena kota-kota lain tidak pernah memiliki ras tunggal yang menjadi mayoritas lebih dari 40% dari populasi. City-State Alliance adalah persatuan berbagai ras dan kota. Jika seseorang ingin memundurkan waktu kembali beberapa abad, mereka akan menemukan bangsa besar yang merupakan asal-usul City-State Alliance.

     Karena banyaknya kerjaaan yang runtuh, empat belas city-state muncul dengan masing-masing kota pusatnya, Setelah itu terjadi, ada banyak pertumpahan darah antara city-state atau lebih tepatnya, kerajaan-kerajaan kecil. Situasi ini berlanjut menyatukan dan memecahkan Ad Nauseam sampai peristiwa yang mereka sebut Great Debate, dimana hasilnya berupa aliansi saat ini antara kedua belas city-state terbentuk.

     Meskipun begitu, masih sulit bagi semua orang untuk meninggalkan dendam terhadap satu sama lain. Meskipun seabad yang lalu merupakan masa lalu bagi ras dengan rentang hidup yang lebih pendek, bagi beberapa ras yang berumur panjang itu masihlah menjadi kenangan yang baru saja terjadi.

     Untuk alasan ini, turnamen empat tahun sekali diadakan sebagai jalan keluar bagi mereka yang masih menyimpan dendam dari masa lalu dan akan segera dimulai.

     Kota yang terdaftar untuk menjadi tuan rumah pertandingan berikutnya adalah Bebad.

     Meskipun benar jika membutuhkan waktu persiapan selama empat tahun, mereka hanya diberi waktu empat tahun.

     Turnamen ini memiliki enam belas acara, salah satunya mengumpulkan lebih banyak perhatian daripada yang lain.

     Connelier - atau pertempuran tiruan. Itu juga dikenal sehari-hari sebagai Mutual Wallop.

     Setiap city-state mengirim sepuluh pejuang terkuatnya yang kemudian akan bertarung dengan pejuang lainnya di bawah perlindungan item sihir yang dikenal sebagai Standard of Peace.

     Ini merupakan acara yang paling menghibur dan mencolok dan cukup populer di kalangan masyarakat. Itu telah sampai pada titik di mana sebagian besar orang merasa tidak apa-apa untuk melewatkan semua acara kecuali yang ini. Itulah sebabnya mereka tidak bisa membiarkan kesalahan sekecil apa pun terjadi selama acara ini.

     Itu bukan metafora, kerusuhan dengan korban besar telah terjadi di masa lalu ketika city-state Orcneas belum sepenuhnya siap untuk acara tersebut. Meskipun empat puluh tahun telah berlalu sejak saat itu hingga saat ini, frasa “Penyelenggara Orcneas” tetap menjadi gelar penghinaan bagi seseorang yang tidak kompeten.

     Meskipun mengacaukan salah satu acara bisa memicu kemarahan, Connelier merupakan satu-satunya acara di mana tidak boleh ada kesalahan sedikitpun.

     Namun, pemerintah tingkat atas di masing-masing kota mengetahui penyelenggara Orcneas tidak terlalu buruk, masalah mereka terletak pada lemahnya kewaspadaan mereka terhadap Vanquished Spectre.
(TLer: salah satu tipe undead)

     Tidak ada bukti nyata untuk mendukung keberadaan Vanquished Spectre. Bahkan jika itu merupakan pertama kalinya mereka muncul, kesalahan yang mereka sebabkan sangatlah fatal.

     Kista menggosok-gosok matanya setelah selesai membaca dokumen.

     Terakhir kali Bebad menjadi tuan rumah turnamen itu, sekitar lima puluh tahun yang lalu. Para anggota tim inti yang bertanggung jawab mengatur pertemuan sudah lama tiada.

     Meskipun dia telah menguatkan diri untuk mempelajarinya dari awal, dia masih merasa seolah-olah dia bisa pingsan karena stres dan tekanan dari seluruh cobaan ini.

     Dia sering kurang tidur karena selalu membayangkan turnamen bisa berakhir dengan kegagalan.

     Kista tidak bisa apa-apa lagi tetapi hanya terkekeh.

     Dia masih memiliki empat tahun lagi tetapi sudah dalam kondisi saat ini. Seperti apa dia saat menjelang upacara pembukaan?

     Dia sudah jengkel karenanya.

      Tetapi, ketika dia membaca dokumen-dokumen yang ditinggalkan oleh para pendahulunya dan menuliskan semua pikiran dan idenya, ada momen singkat pelipur lara.

     Saat Kista hendak mengambil segenggam dokumen lagi, seseorang mengetuk pintunya.

     Dia berdiri dari kursinya dan berjalan menuju pintu. Di sisi lain itu merupakan wajah yang dikenalnya seperti yang dia harapkan. Itu adalah kakeknya, mantan walikota, Ri Berun Kaberia.

     Tidak hanya dia orang hebat yang bertanggung jawab atas perdamaian abadi Bebad, dia juga walikota saat turnamen terakhir diadakan di Bebad.


     "Ojii-sama,” Kista menyapanya sembari tersenyum, “Apakah  anda datang ke sini dengan sengaja atau hanya berkeliling saja? Aku akan langsung menemuimu jika anda menyuruhku."
(TLer: Ojii-sama = Kakek, Oji-sama = Paman)
     
     “Tidak apa-apa, tidak apa-apa, aku hanya berolahraga demi punggungku. Bahkan jika kakiku tidak berfungsi seperti dulu, jika aku harus dikurung di rumah selamanya, aku akan mati lebih cepat. Selain itu, Kista, maaf telah mengganggu pekerjaanmu tetapi apakah kamu baik-baik saja? "

      "Mmmm, tentu saja aku baik-baik saja, ojii-sama. Silakan masuk."


     Kista memimpin kakeknya menuju sofa, di mana mereka duduk berhadapan satu sama lain

    Berun menuangkan teh panas ke dalam dua cangkir teh yang disiapkan Kista untuk mereka. Cairan hijau pucat mengeluarkan aroma ringan dan menyegarkan yang meresap ke seluruh ruangan.


     "Lalu, Kista. Aku mendengar dari salah satu pelayan kalau akhir-akhir ini kamu tidak tidur dengan nyenyak?"


     Meskipun dia tidak ingin kakeknya khawatir, dia tidak bisa menyembunyikannya lagi.


     “Ya, ojii-sama. Sulit bagiku untuk tertidur setiap kali aku teringat tentang apa yang bisa terjadi dalam empat tahun ke depan..."


     Kebanyakan orang akan menertawakan jika seseorang sangat mengkhawatirkan sesuatu yang akan terjadi empat tahun lagi, mungkin mereka bahkan akan mengatakan dirinya terlalu cemas. Namun Berun, tidak tertawa. Beban-beban yang dipikul oleh seorang walikota merupakan perasaan yang secara alami dia kenal dengan sangat baik dari masa-masa panjangnya sebagai walikota kota ini.


     "Kista. Jika kamu sudah dalam kondisi ini, tidak baik untuk kesehatanmu. Ini adalah teh herbal yang akan membantu menenangkanmu. Minumlah dan tidurlah lebih awal. Seorang pemimpin yang luar biasa bukanlah orang yang dapat mencapai hasil maksimal dalam waktu singkat, tetapi orang yang mengerti bagaimana mendelegasikan tanggung jawab mereka dengan baik kepada bawahan yang tepat. Jangan membandingkan diriku denganmu, memangnya seberapa banyak pencapaian yang bisa diraih hanya dengan diri sendiri?”

      "Terima kasih banyak. Tapi... aku masih memiliki beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan secepatnya."

      “Apakah ada hubungannya dengan kota-kota tetangga? Tapi aku tidak ingat pernah mendengar mengenai Equestrian King yang membuat gerakan?"


     Musuh dari City-State Alliance merupakan seseorang yang menduduki dataran luas di timur, Equestrian King. Karena Bebad tidak berada di dekat dataran, setiap kali kerajaan diserang, mereka hanya harus mengirim kontribusi pasukan mereka.


     "... Berita Empire baru-baru ini yang menjadi kerajaan bawahan, pasti anda sudah pernah mendengarnya. Masalah tentang seberapa tepatnya kita seharusnya menjadi pengawal melawan Sorcerous Kingdom merupakan sesuatu yang harus diselesaikan secepat mungkin.”

     "Ah, Sorcerous Kingdom..."


     Ekspresi Berun berubah memprihatinkan.

     Kerajaan yang menundukkan Empire namun hanya memiliki satu kota sendiri. Ada juga rumor yang beredar mengatakan mereka telah menambahkan organisasi pembunuh ke dalam pasukan mereka.

     Ada segala macam rumor dan gosip yang beredar, apakah itu benar atau salah, sulit untuk diceritakan.

     Kista teringat akan seseorang.

     Kaisar Empire, Jircniv Rune Farlord El Nix.

     Kaisar muda yang telah diberi gelar Bloody Emperor, dia pernah bertemu dengannya sekali sebagai bagian dari misi diplomatik - sebagai pejabat tinggi yang di utus menuju Empire. Mereka telah berbicara satu sama lain di acara penyambutan yang diadakan sesudahnya.

     Dia merupakan seseorang yang kaya akan kecerdasan, kekayaan, dan pesona seperti yang diharapkan dari pemimpin suatu kerajaan. Bagaimana seseorang seperti dirinya menjadi pengikut kerajaan lain?

     Seharusnya ada alasannya - dia pasti menginginkan sesuatu.


     "Sehubungan dengan proses pengumpulan informasi di Sorcerous Kingdom, bisakah aku merepotkan ojii-sama untuk menarik beberapa benang?"


     Berun, sebagai wali kota yang berkuasa lama, memiliki banyak koneksi, jauh melebihi apa yang dimiliki Kista. Tentu saja, dia telah bertemu dengan sebagian besar koneksinya ketika dia mewarisi jabatannya, tetapi jika Berun yang meminta informasi semacam itu, bukan dirinya, itu akan jauh lebih efektif.


     "Tentu saja, Kista. Meskipun ini bukan melalui koneksiku, aku telah mendengar mengenai beberapa petualang brilian yang baru saja berimigrasi dari Empire ke sini, haruskah aku bertanya kepada mereka tentang hal itu?"

     "Ya tolong, maaf merepotkanmu - ojii-sama, terima kasih banyak."


     Kista menundukkan kepalanya. Bahkan jika mereka merupakan kerabat, dia masihlah seseorang yang hampir berusia delapan puluh tahun namun masih bisa berperan sebagai walikota tanpa masalah sama sekali. Dia bahkan diberi gelar kehormatan sebagai 'Eagle of Bebad' di daerah sekitarnya. Itu merupakan sesuatu yang dia ingat sejak kecil.


     "Berterima kasih padaku akan terlalu - tidak masalah, aku menerima rasa terima kasihmu, Kista. Mulai hari ini, meski hanya sementara, tidurlah lebih awal. Sudahkah kamu mengerti?"

     “—Ya, ojii-sama. Terima kasih atas semua kasih sayang yang telah anda berikan kepadaku sejauh ini."



----------------------


Mini-FAQ:
Q: Dah nyampe mana?
A: 287/568


Jika ada kalimat/kata/idiom yang salah di terjemah atau kurang enak dibaca, beritahu kami di kolom komentar, dilarang copas dalam bentuk apapun macam-macam kuhajar kau.


PREVIOUS | INDEX | NEXT

Baca doank, komen kaga !!!
Ampas sekali kalian ini



Peringatan: Novel ini versi bajakan !!! Author ngambek, auto delete!! Belilah Novel aslinya jika sudah tersedia!!

59 comments:

  1. Trimakasih min semoga sehat n lancar tl ny

    ReplyDelete
  2. Min equestrian king tuh dimana letaknya ? Soalnya bagian timurnya kan baharuth empire ? Hmm..

    ReplyDelete
  3. Sekedar saran. .
    nama kota mending di kasih penjelasan nya mi. . seperti kota bebad, kota karnasuss dll. .
    jangan bebad doang.

    kalimat pertama di atas city aliance,bebad.
    awal nya saya tidak mengerti bebad itu apa. .oh rupa nya nama kota. .😂

    ReplyDelete
  4. Matur suwun min,,, setidak nya kami bisa nangkap jalan nya vol 14 ini... 👍💪💪

    ReplyDelete
  5. Tombol next nya bisa tp cuma 404 wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Masih ada part 2 nya semangat min!!

    ReplyDelete
  7. Sebuah penyakit jdi walikota
    WoW

    ReplyDelete
  8. Min updatenya setiap hari apa aja

    ReplyDelete
  9. Tetap semangat min ����

    ReplyDelete
  10. Hemmm, ini kek Potongan baru dalam cerita, dengan tidak banyak berasumsi mari kita tunggu kelanjutannya, semangat semuanya

    ReplyDelete
  11. Lanjut min seru ni kisah overlord

    ReplyDelete
  12. Nice min.. d tunggu chapter 3 nya...

    ReplyDelete
  13. Kapan chapter 3 nya nih? Ditunggu ya min

    ReplyDelete
  14. Equastrian king akan jadi bidak demiurge buat ngrusuh nih.... Tokoh yg kejam buat ngobrak abrik tentu saja posisi diatas tanah.... Siapa ya cocok...

    ReplyDelete
  15. Aaahhhhh cepet bgt selesai bacanya ��

    ReplyDelete
  16. TEtep Semangat Min (y)

    ReplyDelete
  17. cheer santuy sambil nungguin kelanjutannya

    ReplyDelete
  18. Anjag dah nopel aing bulan depan baru sampe indo

    ReplyDelete
  19. Part 2 nya itu, Hitori lg ngetroll sama kaya Nigel dulu haha
    (English TS)

    ReplyDelete
  20. Seeeeeeemmaaaaannggaaaaaattt weee llooivvveee yyoouuuuu

    ReplyDelete
  21. Lanjut gan yang intermission

    ReplyDelete
  22. Moga aja ada player atau guild OP yg bisa nandingin makam besar nazarick

    ReplyDelete
  23. bab kali ini kalem, spt itulah yang di harapkan..

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon