March 14, 2020

OVERLORD Bahasa Indonesia Volume 14 Prolog - Part 2

Translator: Sai Kuze

Prolog


OVERLORD Bahasa Indonesia Volume 14 Prolog - Part 2


      Jika Demiurge tidak ada di sana, ia harus menemukan Entoma dan memintanya menggunakan [ Message ] atau meminta kakak perempuannya menyelidiki keberadaannya.
Dengan pemikiran itu, Albedo melakukan teleportasi.
--------


Di Kingdom Re-Estize dan di ibukotanya, Re-Estize.
Berletak di kastil Ro Lente, yang terdapat juga Istana Valencia, di dalamnya ada sebuah ruang kerja.

Di ruang kerja tempat para generasi raja melakukan tugasnya, pemiliknya yang sah, Ramposa III, tidak terlihat. Sebagai gantinya, ruangan itu diisi oleh pangeran kedua, Zanac Valleon Igana Ryle Vaiself.

Wajah Zanac menjadi gelap ketika dia menatap dokumen-dokumen yang telah diserahkan padanya, desahan berat keluar dari mulutnya. Tentunya tidak ada yang bisa tetap berwajah ceria setelah membaca dokumen-dokumen tersebut, isinya merinci keadaan Kingdom saat ini.

Selama Pertempuran di Dataran Katze, meskipun akan lebih akurat menyebutnya pembantaian, banyak penduduk Kingdom kehilangan nyawanya. Meskipun begitu, keruksakan yang diterima Kingdom tidaklah mematikan. Populasinya sekitar sembilan juta dan dari itu, 180.000nya tewas, hanya kehilangan 2%. Plus, banyak dari mereka merupakan putra kedua atau ketiga petani yang mana mereka ini bisa dijadikan “Cadangan”. Dalam kasus lain, mereka kehilangan tenaga kerja dengan sedikit pengalaman. Jadi meskipun mengatakannya dengan keras akan terdengar kejam, tak ada nilai kerugian karena kematian mereka.

Namun, mereka telah kehilangan 4% dari populasi pria mereka, yang muda dan juga kuat. Tetapi, dampak negatif dari kehilangan mereka secara bertahap semakin jelas dan ini semua jelas diuraikan dalam dokumen itu.

Zanac mengerang ketika dia meletakkan dokumen di atas meja, pandangannya mengalihkan fokus ke orang lain di ruangan itu.

"Oy, saudariku. Bagaimana kau menangani ini jika kau yang bertanggung jawab?"


Setelah mendengar pertanyaan itu, saudara perempuannya, Renner Theiere Chardelon Ryle Vaiself, yang duduk di kursi panjang jauh darinya, tersenyum ketika dia mengangkat kepalanya. Renner, yang sedang melihat-lihat kumpulan dokumen yang berbeda memasang senyum yang mengkhawatirkan.


"Bahkan jika engkau bertanya padaku apa yang akan aku lakukan ... onii-sama, bagaimana mungkin aku bisa memberikan jawaban ketika dirimu bahkan belum memberiku rincian di dalam pertanyaanmu?"

"Itu tentang ini."


Zanac tak peduli dengan penjelasannya, dia hanya mengambil dokumen itu dan mengibas-ibaskannya ke sekitar, Renner kemudian berdiri, berjalan menuju Zanac, dan mengambil dokumen dari tangannya.


"...Ini?" 


Setelah memindai dokumen dari atas ke bawah, Renner menjawab dengan nada biasa.


"Itu ... tidak ada yang bisa kita lakukan lagi tentang itu, kan?"

"Ya tuhan…"


Zanac mengangkat kepalanya menatap langit.

Jika saudara perempuannya, yang jauh lebih pintar darinya, mengatakan ini, maka benar-benar tidak ada yang bisa mereka lakukan untuk itu. Namun, sebagai penguasa, mereka tidak bisa begitu saja menyerah pada hal seperti ini dengan mudah.


“Apakah masalah ini benar-benar merepotkan? Meskipun kekuatan bangsa kita telah berkurang untuk sementara, tetapi hanya itu saja, itu semua bersifat sementara. Aku tidak percaya itu cukup serius untuk kita membuat keputusan pada hal sepele seperti itu?"

"Jika kekuatan bangsa kita melemah, maka rakyat akan mulai mati karena kelaparan benar?"


Karena perang berulang-kali yang mereka alami dengan Empire, ketidakmampuan mereka untuk mengisi persediaan pangan berlanjut hingga hari ini. Dalam kondisi seperti inilah mereka menyerahkan wilayah penting penghasil gandum E-Rantel, yang langsung berada di bawah kekuasaan sang raja, pada Sorcerous Kingdom. Hilangnya nyawa di medan perang juga menyiratkan bahwa mereka kehilangan sebagian besar tenaga kerja mereka.

Mungkin konsekuensinya tidak dapat dirasakan untuk saat ini, tetapi untuk tahun-tahun kedepan, sangat mungkin penurunan produksi gandum akan menyebabkan harga gandum melonjak hingga titik di mana orang miskin tidak lagi mampu membelinya. Tidak, lebih baik mengatakannya ini pasti akan terjadi.


"Itu masuk akal."

“Itu sangatlah MaSuK aKaL. Katakanlah, Saudariku, jika ini hanyalah hal yang SePeLe seperti yang kau utarakan, bagaimana kita menghadapi kekeringan dan juga musim dingin yang akan terjadi, bagaimana mengatasi gagal panen?”

“High-level druid sepertinya memiliki kemampuan untuk mengendalikan cuaca, jadi aku percaya kita setidaknya memiliki cara untuk menghadapi kekurangan sinar matahari. Kita hanya perlu menyewa petualang untuk mengatasinya, lagipula biaya yang dikeluarkan cukup murah. Namun, ada atau tidaknya petualang High-level druid seperti itu merupakan sesuatu yang harus kita ketahui sesegera mungkin. Jika ini masih seperti dulu, dala keadaan darurat kita bisa selalu bergantung pada para petualang dari Empire, tetapi saat ini Empire telah menjadi kerajaan bawahan Sorcerous Kingdom, yang pastilah sangat sulit untuk memintanya."
(TLer: Ngikutin terjemahan vol kemarin, vassal state diartikan jadi kerajaan bawahan (bukan negara, karna bentuk pemerintahannya beda))

“Ah, begitu ya, maka kita hadapi kekeringan dengan cara itu. Lalu bagaimana dengan musim dingin, saudariku?”

"Druid pasti bisa juga menanganinya."


Zanac dengan hati-hati mengamati wajah Renner, yang terlalu akrab baginya.


{Apakah dia tidak tahu tentang itu?} Zanac berpikir.


Seperti yang dikatakan Renner, high-level druid dapat membuat mantra untuk menciptakan hujan sementara, sehingga permasalahan tentang kekeringan dapat diatasi. Namun, dia teringat pernah mendengar sesuatu dari Marquis Raeven, orang kepercayaannya, sihir Druid sangatlah tak berguna untuk menghadapi musim dingin.

Untuk musim dingin, suhu harus dipertahankan sepanjang musim. Untuk itu, high-level druid harus ditugaskan di setiap desa. Tidak realistis untuk mengumpulkan beberapa ratus high-level druid, yang sangatlah sulit untuk ditemukan.

Tingkat pengetahuan sihir itu bukan bagian dari pendidikan konvensional, jadi itu tidak diajarkan bahkan di keluarga bangsawan. Fakta ini berlaku untuk keluarga kerajaan juga. Satu-satunya alasan Pangeran Zanac mengetahui apa yang ia ketahui tentang druid adalah karena ia secara aktif mencari informasi itu.

Fakta mengenai para magic caster tidak memiliki status apa pun di Kingdom mungkin patut disalahkan. Jika Kingdom seperti Empire dimana seseorang yang sehebat Tri-Arts Magic Caster ada, mungkin ceritanya akan sangat berbeda. Namun, ketidaktahuan Kingdom akan sihir dan 

Jika itu seperti Empire di mana seseorang sama hebatnya dengan Tri-Arts Magic Caster ada, itu mungkin cerita yang sama sekali berbeda. Namun, ketidaktahuan Kingdom akan sihir dan keinginan untuk mengembangkannya, untuk memperkuat pasukan kavaleri telah mengakar dalam budaya mereka. Seorang magic caster yang mampu mengubah status quo tidak pernah muncul.

Akibatnya, para bangsawan yang percaya bahwa "menggunakan sihir itu pengecut" di medan perang mewariskan gagasan itu ke generasi berikutnya. Ketidaktahuan tentang sihir berubah menjadi perasaan jijik, dan lingkaran iblispun terlahir.

Bagi Zanac, sihir merupakan seni dengan kekuatan yang luar biasa. Bagi orang-orang yang menjauhkan diri dari sihir karena mengikuti tradisi lama, tradisi membosankan yang akan menghasilkan kekalahan tanpa syarat Kingdom ketika tiba saatnya perebutan kekuasaan dengan kerajaan-kerajaaan tetangga. Oleh karena itu, Zanac mempertimbangkan untuk mempekerjakan seorang guru yang memiliki pengetahuan tentang sihir untuk anaknya nanti dimasa depan. Beberapa bangsawan pasti mencontohnya setelah mereka mengetahui keluarga kerajaan diberikan pendidikan tentang hal itu, kan?

Tidak, bahkan tanpa melakukan sesuatu seperti itu, apa yang telah ditunjukkan Sorcerer King, seseorang yang telah mengeluarkan sihir maha dahsyat yang menyebabkan perubahan paradigma di benak rakyat Kingdom, baik itu bangsawan atau bukan. Mungkin era ketika semua orang ingin belajar tentang sihir akhirnya telah tiba.

Meskipun mengecewakan karena pemicu perubahan itu bersumber dari eksternal, itu sangatlah bermanfaat bagi Kingdom sehingga tidak ada satupun penolakan.

Mengingat keadaan Kingdom saat ini, wajar bagi Renner untuk tidak mengetahuinya. Bahkan seorang jenius akan mengeluarkan jawaban yang salah pada sesuatu yang tak diketahui olehnya. Sangat mempercayai saudara perempuannya bisa terbukti sangat berbahaya.

Renner, bagaimanapun, sangatlah akrab dengan tim petualang kelas Adamantite Blue Roses, baginya mungkin mendapatkan informasi terperinci tentang suatu mantra tidaklah terlalu sulit. Mungkinkah saudara perempuannya, seseorang yang bisa digambarkan sebagai singularitas kecerdasan, mengetahui masalahnya tetapi tidak mau repot-repot memeriksa sumbernya?

Lagi pula, Renner tidak punya alasan untuk berbohong tentang detail sekecil itu. Itu mungkin hanya manifestasi langka dari sisi manusianya; dengan kata lain, dia menjadi orang bodoh.
(TLer: Anjeng, awkawkawkawk)

Jelas, Renner tidak tertarik pada tahta, tujuannya tampak kecil bagi Zanac. Atau bisa dikatakan tujuannya tidak akan pernah tercapai jika ia naik tahta. Bahkan jika ia merencanakan sesuatu untuk melawannya, itu tidak akan menguntungkannya secara langsung.


"-saudariku, kekuatan druid tidaklah mampu untuk menghadapi musim dingin."

"Begitukah? Jika itu yang terjadi maka itu akan sangat disayangkan. Ah! Tetapi masalahnya tentang gandum, kan? Kita memiliki banyak persediaan sehingga tidak begitu menjadi masalah. Itu berita bagus, Onii-sama.”


Zanac membuat wajah yang berlawanan persis seperti senyum Renner.


"Dengan gandum, maksudmu 'itu'? Aku tidak ingin menyentuhnya ... apakah kau yakin orang-orang yang memakanya tidak berubah menjadi Undead?"


Jika seseorang mengajukan pertanyaan "apakah Kingdom memiliki kelebihan persediaan gandum?", Jawabannya 'ya': persediaan murah meriah menunggu di gudang beberapa pedagang. Tetapi, mereka seharusnya tidak membuat rencana yang mengandalkan kata-kata itu, karena itu secara teknis bukan milik Kingdom.

Sorcerous Kingdom, diperintah oleh teror itu sendiri, dialah Sorcerous King, menyewa gudang-gudang itu dari para pedagang Kingdom dan menaruh gandum di sana. Hal seperti itu tidak pernah terjadi disepanjang sejarah Kingdom.

Sepertinya para pedagang diizinkan untuk menjual gandum, tetapi harganya sedikit lebih tinggi dari harga pasar karena tarif pajaknya. Harga ditentukan oleh Sorcerous Kingdom tanpa ruang untuk negosiasi. Dengan demikian, orang-orang tidak membeli apa pun dan gandum itu sudah menumpuk disana, menunggu di gudang.

Kekayaan Kingdom tidak mengalir ke Sorcerous Kingdom saat ini, jadi terus terang ini tidak merugikan Kingdom. Situasi saat ini membuatnya merasa semuanya baik-baik saja. Tetapi Zanac, yang sependapat dengan Renner, mengira itu merupakan bagian dari strategi Sorcerous Kingdom.


"Holy Kingdom mengkonsumsi gandum yang sama, maka gandum itu sendiri seharusnya tidak berbahaya, kan?"

"Tidak, mungkin mereka ingin kita berpikir seperti itu dan hanya gandum di ibukota yang ternoda?"


Renner tersenyum pahit.


"Kau tidak benar-benar berpikir seperti itu, kan?"

"Yah, kurasa tidak. Lagipula kita telah memeriksa isinya.”


Mengenai penggunaan gudang di ibukota, pernyataan resmi Sorcerous Kingdom adalah itu untuk menyimpan gandum yang digunakan sebagai bantuan makanan untuk Holy Kingdom. Rupanya rencananya gandum yang akan dikirimkan ke Holy Kingdom disimpan terlebih dahulu digudang-gudang disini.


Jika ada kalimat/kata/idiom yang salah di terjemah atau kurang enak dibaca, beritahu kami di kolom komentar, dilarang copas dalam bentuk apapun macam-macam kuhajar kau.


PREVIOUS | INDEX | NEXT


 Peringatan: Novel ini versi bajakan !!! Author ngambek, auto delete!! Belilah Novel aslinya jika sudah tersedia!! 

13 comments:

  1. Sorry nih min gue punya saran, kalo mau kasih penjelasan pada sebuah kata sebaiknya diberikan tanda (*) contoh, dia adalah seorang ekspatriat*

    (*: artinya seseorang yang tinggal sementara maupun menetap di luar negara di mana dia dilahirkan dan dibesarkan)

    Gitu min, hanya sekedar saran sih, btw thanks atas TLnya ya :)

    ReplyDelete
  2. Tanggung banget motong Part 1 dan 2 nya Min, sisa 1 paragraf tuh 🤣
    Makasih lah pokoknya !

    ReplyDelete
  3. Tolong bantu di jawab, Tri Arts Mafic caster itu maksdnya apa ? Apa penyihir berlevel 3 bgitu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan bro, itu maksudnya julukan si Fluder Paradyne kalo ga salah. Kamu kan orang yg sering komen di cybershn*te kalo ga salah

      Delete
  4. Aku bersyukur masih ada yang orang yang menerjemahkan,tapi aku rasa kualitas di cyb*****ote lebih bagus

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon