March 14, 2020

OVERLORD Bahasa Indonesia Volume 14 Prolog - Part 3

Translator: Agastya

Prolog


OVERLORD Bahasa Indonesia Volume 14 Prolog - Part 3


      Mengenai logistik. Karena kurangnya perlindungan bagi karavan, jika mereka diserang oleh bandit atau monster, tanggung jawab untuk itu akan jatuh pada Sorcerous Kingdom.

Menyewa tentara bayaran akan menjadi solusi yang tepat, tetapi Sorcerous Kingdom, mengusulkan supaya memasang bendera yang akan membuatnya sangat jelas jika kereta itu milik mereka, sepertinya sebagai semacam simbol bentuk pertahanan diri. Kingdom, yang ingin menghindari konflik yang tidak perlu, menyetujui proposal yang diajukan Sorcerous Kingdom, dengan syarat undead mereka tidak boleh memasuki perbatasan Kingdom dan mereka juga harus membayar pajak. Melihat dari kondisi saat ini, menerimanya tidak diragukan lagi adalah keputusan yang salah.



Mereka pada dasarnya telah mengizinkan karavan yang mengibarkan bendera Sorcerous Kingdom untuk berjalan melewati ibukota Kingdom, sampai ke dermaga dimana mereka menuju Holy Kingdom. Ini jelas menunjukkan, entah bagi mata domestik maupun asing, betapa lemahnya Kingdom dibandingkan dengan Sorcerous Kingdom. Tidak pernah terpikir, kenyataannya Sorcerous Kingdom terlihat antusias dengan bantuan semacam itu, dan pengiriman itu sering terjadi dan berlanjut hingga saat ini.

Jika martabat sebuah kerajaan hilang sedikit demi sedikit seperti ini, cepat atau lambat Kingdom harus memilih antara pemberontakan penuh terhadap Sorcerous Kingdom atau berlutut untuk melayani mereka. Untuk berteori sendiri jika Empire sudah mengalami serangan seperti itu dan dipaksa untuk memilih yang terakhir. Dimana mereka menggunakan pilihan yang berbahaya, tetapi tak bisa disangkal malah lebih efektif.

Yang lebih buruk adalah kenyataan jika mereka melakukan ini atas nama bantuan kemanusiaan, hampir tidak mungkin bagi Kingdom untuk menolaknya.

Arch Fiend yang pernah membuat ibukota Kingdom jatuh dalam kekacauan, yang pada akhirnya dikalahkan oleh Sorcerer King, Jaldabaoth, yang telah memimpin pasukan demihumans untuk menyerang Holy Kingdom.

Dan wilayah utara telah hancur dan bahkan nyaris tidak dikenali. Dibandingkan dengan kerusakan yang diderita oleh Kingdom, Holy Kingdom mengalami nasib yang lebih buruk. Setidaknya itu yang didengar Zanac.

Tetapi meskipun bagian utara Holy Kingdom hampir sepenuhnya hancur, bagian selatannya hampir tidak tersentuh.

Setelah Holy Queen mati dan raja baru telah menaiki tahta, kematian para bangsawan di utara menyebabkan keresahan umum di wilayah mereka, dan juga para bangsawan di selatan mulai bertikai, dan insiden serupa lainnya menyebabkan sedikit kesulita bagi Holy Kingdom.

Konflik yang terus menerus menyebabkan dua bagian Holy Kingdom saling memperebutkan kekuasaan untuk kepentingan mereka sendiri. Dan hasilnya adalah bantuan yang tertunda untuk orang-orang di utara, bahkan ada beberapa dari mereka yang tidak mendapatkan makanan yang layak.

Tetapi justru penyelamat mereka adalah gandum yang dikirim oleh Sorcerous Kingdom, gandum yang dikirim dari gudang-gudang di Kingdom menuju Holy Kingdom melalui rute darat dan laut.


{Rencana yang sangat brilian}, pikir Zanac.


Dalam kesulitan yang begitu parah, mereka tidak punya waktu untuk memikirkan dari mana makanan itu berasal, bahkan jika asalnya dari undead.


“Jika kita yang memberikan bantuan makanan, nama baik yang diterima Sorcerer King pasti akan menjadi milik kita. Tapi ... tidak mungkin kita bisa melakukan itu dalam kondisi seperti ini."


Tetapi, bagaimana jika pertempuran itu tidak pernah terjadi?

Tidak, paling tidak, jika Jaldabaoth tidak menjarah semua jenis sumber daya selama kekacauan di ibukota Kingdom, mereka setidaknya akan berada dalam posisi yang lebih baik daripada sekarang.
Jika mereka adalah orang-orang yang memberikan bantuan makanan kepada holy Kingdom, tidak akan mungkin reputasi undead akan sebagus sekarang.

Tapi bukan itu yang terjadi. Setelah menerima berita tentang penobatan raja yang baru, diplomat yang dikirim oleh Kingdom memberika laporan sesudahnya. Ini bukanlah perang dingin yang disebabkan oleh kebijakan nasional yang memusuhi negara-negara tetangga. Hubungan antara kedua negara tidak pernah seburuk ini selama pemerintahan Holy Queen, Calca Bessarez.

Mungkin hubungan mereka memburuk sebelum kekurangan gandum, kembali dimana saat Kingdom menolak untuk memberikan dukungan militer saat terjadi invasi Jaldabaoth ke holy Kingdom. Itu mungkin merupakan pukulan fatal yang membuat hubungan mereka semakin memburuk.

Tentu saja, mengirimkan bantuan pada saat ini, benar-benar keluar dari pertanyaan.

Bagaimanapun, itu adalah waktu yang sangat kacau untuk Kingdom karena kerugian besar yang ditimbulkan oleh sihir maha dahsyat dari Sorcerer King, Ainz Ooal Gown. Selain itu, mereka telah kehilangan beberapa prajurit terkuat mereka, yang paling utama adalah kematian Warrior Captain Gazef Stronoff, dimana dia terkenal karena menjadi yang terkuat di seluruh Kingdom. Bantuan apa yang bisa mereka berikan terhadap iblis yang begitu kuat pada waktu itu?

Apa pun yang bisa mereka katakan sekarang hanya akan terdengar seperti alasan pahit dari Kingdom yang tidak punya hati, tetapi kerajaan lain mana pun di posisi yang sama dengan Kingdom yang menerima permohonan bantuan seperti itu akan merespons dengan cara yang sama. Hanya Sorcerous Kingdom yang mengirim bantuan militer dan domestic.

Faktanya, Holy Kingdom bagian Utara telah menjadi kecenderungan yang menguntungkan terhadap Sorcerous Kingdom menurut para diplomat.


"Masalah demi masalah tanpa solusi menyebabkan keterlambatan dalam merespons ..."


Pada saat inilah akhirnya dia bisa melihat gambaran yang lebih besar dan masalah yang sama besarnya. Meskipun ini tampaknya merupakan pertemuan berbagai kebetulan, situasinya dapat memberikan kesan bahwa semuanya terhubung.


"Tidak, mungkinkah-"

"Onii-sama!"

"Oh! ... saudariku. Aku masih bisa mendengarmu, tidak perlu berteriak. Aku belum setua itu."

"... karena engkau telah mengabaikan adik perempuanmu yang berdiri tepat di depanmu hanya untuk hanyut dalam pikiranmu sendiri, aku akan membuat beberapa kenangan buruk untukmu sebagai balasannya. Atau apakah engkau sedang memikirkan sesuatu?”

"Tidak ada ... hanya ... menjadi agak terlalu paranoid."


Renner berbalik ke arahnya, matanya penuh belas kasihan, "Aku tidak terlalu yakin, tapi itu sudah pasti. Kakak selalu mengatakan hal-hal negatif dari tadi, jadi tentu saja, setiap pikiran kakak pasti akan menuju ke arah skenario terburuk. ”


Itu masuk akal.


"Mungkin."

"Mhm, itu pasti ... Tentang Holy Kingdom, perpecahan antara utara dan selatan berarti mereka hanya selangkah lagi dari perang saudara, benar? Jika itu masalahnya, maka pihak mana yang akan menang? Meskipun utara yang kelelahan sepertinya tidak memiliki kesempatan bertarung sama sekali ... "

"Yah, mungkin. Fakta bahwa seseorang yang terkenal dari utara tewas merupakan faktor yang berpengaruh. Lagipula, Paladin perempuan itu juga mati ... ”

"Aku tidak tahu banyak tentang itu. Apakah dia seseorang yang terkenal? "

"Mhm. Dari apa yang aku dengar dia bisa disejajarkan dengan Warrior Captain kita. Dia pernah mengunjungi Kingdom, sayang sekali kita tidak bisa menemuinya lagi. "


Melewati urutan pertemuan normal untuk memberikan pertemuan langsung ke utusan yang tidak resmi akan menyebabkan ketidakpuasan untuk kedua belah pihak.

Keluarga Kingdom akan dipandang rendah jika pertemuan itu datang terlalu dini. Pada saat para diplomat membuat keputusan itu, mereka sudah meninggalkan ibukota.

Jika mereka tahu apa yang terjadi sekarang, mereka seharusnya mengadakan pertemuan dengannya apa pun yang terjadi. Mungkin saja itu bisa membantu mereka sekarang mendapatkan opsi cadangan potensial untuk masa depan.


“Saat itu, penilaianmu benar secara diplomatis. Jika bukan karena dirimu yang mengatakan kepadaku untuk tidak melakukannya sepanjang waktu, aku akan berpikir bahwa itu bukan masalah besar untuk bertemu dengan mereka. Seorang raja yang menemui mereka disaat-saat seperti ini pastilah tidak pantas, tetapi jika seorang pangeran melakukannya, itu seharusnya baik-baik saja. "

"Bukankah Onii-sama yang membuat keputusan akhir sendiri? ..."


Renner cemberut. Itu adalah ekspresi yang cukup lucu untuk dengan mudah memenangkan hati sebagian besar pria, tak terhitung banyaknya orang yang telah menjadi korbannya.


“Onii-sama adalah penerus takhta saat ini, tetapi tidak semua orang setuju dengan itu di balik pintu ini. Kemungkinan penyebaran rumor, betapapun kecilnya, harus dihindari. Akan sangat merepotkan bagiku jika kakak tidak menaiki tahta. Oh dan menyebabkan pemberontakan sekarang juga akan menjadi masalah. Jika itu terjadi, kakak tidak akan bisa memenuhi janjimu sendiri. "

"Mhm, itu benar ..."


Dia tidak menyamarkan niatnya sama sekali, tapi tetap saja meyakinkan.


"Hm, biasanya begini caranya ... Sorcerous Kingdom telah memberikan bantuan kepada Holy Kingdom Utara, jika semua berjalan sesuai rencana mereka, mereka akan memiliki kerajaan yang mudah dimanipulasi di tangan mereka. Haruskah kita mencoba menghubungi selatan?"


Jika Holy Kingdom Utara yang mempertahankan hubungan damai dengan Sorcerous Kingdom, maka selatan pastilah memandang Sorcerous Kingdom sebagai musuh mereka. Jika Kingdom membentuk aliansi dengan selatan, mungkin saja mereka bisa menahan upaya Sorcerous Kingdom itu.


“Itu benar, itu pasti akan menjadi perkembangan yang sangat kita inginkan. Ada alasan lain mengapa kedua belah pihak berselisih satu sama lain, yaitu ajaran baru dari tanpa wajah, yang juga tidak baik bagi Kingdom."

"Aaaaah, yang itu ..."


Si tak berwajah.

Nama panggilan untuk proselitator yang muncul setelah kekacauan yang disebabkan oleh Jaldabaoth. Meskipun kelihatannya nama aslinya telah dipublikasikan, julukan itu telah menyebar lebih jauh ketimbang nama aslinya.

Ajarannya, yang dihargai oleh banyak pengikutnya, mengatakan “Kelemahan tanpa kemauan untuk memperbaiki diri sendiri merupakan dosa, semua orang harus berjuang untuk menjadi lebih kuat." Itulah konsep yang kurang lebih dimengerti bagi kebanyakan orang.

Meskipun mendapatkan dukungan yang besar untuk ajarannya di utara, ajaran itu tidak hanya tidak populer tetapi juga dijauhi di selatan.

Namun, ini adalah hasil yang dapat diprediksi. Bagi para penguasa, mentalitas semacam itu hanya akan mengundang ketidakstabilan bagi mereka yang berada di puncak.

Mungkin itulah alasan utama buruknya hubungan para bangsawan di selatan, yang masih mempertahankan otoritas mereka dengan utara, yang sampai sekarang semakin memburuk dengan begitu cepat.

Apa yang dipimpin oleh seseorang yang tak berwajah itu lebih merupakan sebuah komunitas daripada sebuah agama. Karena itu, Empat Dewa Besar masih disembah seperti biasa dan masalah dengan lembaga keagamaan tidak pernah muncul. Pada saat yang sama, Holy King yang baru dimahkotai memberikan persetujuannya kepada kelompok itu.


"... dengan akal sehat, bukankah aneh menyembunyikan wajah seseorang?"


Rupanya si tak berwajah itu selalu muncul di depan umum mengenakan topeng.


Jika ada kalimat/kata/idiom yang salah di terjemah atau kurang enak dibaca, beritahu kami di kolom komentar, dilarang copas dalam bentuk apapun macam-macam kuhajar kau.

PREVIOUS | INDEX | NEXT


Peringatan: Novel ini versi bajakan !!! Author ngambek, auto delete!! Belilah Novel aslinya jika sudah tersedia!! 

27 comments:

  1. Update tiap brapa hari ? Translate sendiri kah ? Dari teks jepang, cina atau english ? Kalo di share aman ga kira2.

    ReplyDelete
  2. Mantab ngisi waktu libur

    ReplyDelete
  3. mantab di jiwaaaaa .....lanjutkan min

    ReplyDelete
  4. Cuma ini aja hasil translatenya bagus, gak kayak yg pakai translate.google.com dan biasanya di postingan ada TLNote

    ReplyDelete
  5. Ninggal jejak aja, biar lebih rame..

    ReplyDelete
  6. Biar makin rame, TEROSKAN SAMPE HABIS

    ReplyDelete
  7. goodwill disitu nama baik min, bukan niat baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama itu min. setelah menerima berita tentang penobatan raja yang baru, berdasarkan laporan setelahnya, diplomat yang dikirim oleh kingdom telah diacuhkan.
      paling tidak intinya itu, tinggal dirangkai aja jadi kalimat yg baik

      Delete
  8. Out of question bukan diluar pertanyan, tapi mustahil atau tidak mungkin dan sejenisnya

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon